Danau Kerinci

Danau Kerinci memiliki luas 4.200 ha dengan kedalaman 110 m dan terletak pada ketinggian 783 m dpl. Danau ini menyimpan banyak jenis ikan. Ikan Semah merupakan jenis yang paling digemari dan juga merupakan ikan endemik. Selain panorama alam yang indah, interaksi masyarakat sekitar dengan danau juga menyajikan kesan tersendiri bagi pengunjung, seperti para nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan peralatan tradisional seperti pancing tangguk, jaring, jala, serta lukah. Jika beruntung, saat nelayan mendarat, pengunjung dapat membeli ikan segar dibawah harga pasar.

Danau Kerinci terletak pada dua Kecamatan yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau. Terdapat beberapa lokasi yang menarik pada beberapa desa, yaitu Pesanggarahan dan Tanjung Hatta, Tanjung Pelita, Taman Husein, serta Pantai Indah.

Pesanggarahan dan Tanjung Hatta

Lokasi ini memiliki pantai berkarang yang merupakan lokasi yang paling terkenal di Danau Kerinci dan telah tersedia sarana yang cukup lengkap untuk kegiatan wisata, seperti shelter, WC, hingga lokasi parkir. Tersedia juga perahu yang disewakan untuk mengarungi pinggir danau. Pesanggarahan biasa dijadikan lokasi campingground bagi anak sekolah. Pada daerah yang lebih tinggi, terdapat bangunan yang dapat dihuni oleh pengunjung. Dari Pesanggarahan terlihat jelas pegunungan Bukit Barisan yang mengelilingi Kerinci.

Tanjung Hatta terletak tidak jauh dari Pesanggarahan. Tanjung ini memiliki nilai sejarah, pada tahun 1953 Wakil Presiden pertama RI mengunjungi Kerinci dan menyempatkan menanam Beringin di tanjung ini. Tanjung Hata dan Pesanggarahan terletak di Desa Sanggarang Agung Kecamatan Danau Kerinci, berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Sungai Penuh.

Pesanggarahan dari Tanjung Hata.

– Tanjung Pelita

Tanjung Pelita merupakan suatu taman yang berada pada ketinggian 20 m dari permukaan danau. Dulu, tanjung ini merupakan pemukiman penduduk dengan nama Desa Pidung yang dihuni oleh sekitar 15 rumah.

Pintu masuk kearah Tanjung Pelita.

Menurut orang yang dituakan, pidung dapat diartikan sebagai hidung, terdapat dua persepsi kenapa lokasi ini diberi nama pidung (hidung). Pertama, bila dilihat dari arah danau secara keseluruhan lokasi ini menyerupai wajah, sehingga tanah yang didiami ini (tanjung) mirip dengan hidung dan di kiri-kanan menyerupai pipi. Kedua, Saat penggalian parit bersamaan dengan mulai didiami tanjung ini, masyarakat menemukan batu-batu yang mirip dengan hidung.

Pemandangan lepas ke arah danau seakan-akan kesibukan sehari-hari lenyap.

Pada tanjung ini tersedia beberapa shelter untuk bersantai, serta jalan setapak yang mengelilingi tanjung sehingga keindahan danau dari berbagai sisi tanjung ini dapat dinikmati dengan lebih sempurna. Tanjung Pelita berjarak sekitar 29 km dari Sungai Penuh, secara administratif termasuk dalam Desa Pendung Kecamatan Keliling Danau.

– Taman Husein

Taman Husein memiliki pantai dengan batu-batu besar yang terletak dipinggir jalan raya dan jauh dari pemukiman penduduk. Lokasi ini terasa sangat nyaman, pemandangan lepas kearah danau, suara gemersik dedaunan yang tertiup angin serta gemercik ombak yang menerpa pantai berbatu merupakan kondisi yang ideal untuk bersantai bersama orang-orang terdekat. Tersedia beberapa shelter di bibir pantai serta warung yang menyediakan minuman ringan. Taman Husein dapat dicapai dari Sungai Penuh setelah menempuh perjalanan selama ± 1,5 jam.

Taman Husein memliki beberapa shelter untuk menikmati panorama Danau Kerinci.

– Pantai Indah

Pantai Indah yang dicirikan dengan pasir halusnya terdapat di Desa Koto Petai. Lokasi ini sangat cocok untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari melalui kegiatan memancing atau olah raga volley pantai. Lokasi ini merupakan daerah potensial penghasil ikan, terlihat dari banyaknya penduduk sekitar yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Nelayan menangkap ikan dengan cara yang sederhana, dibekali dengan perahu tradisional dan jala. Namun ada juga nelayan yang menggunakan pukat (jala yang besar) dalam mencari ikan. Biasanya pukat ini dipasang pada pagi hari kemudian diambil kembali pada sore hari, ada juga nelayan yang memasang pukat sore untuk diambil esok pagi.

Pemandangan ke arah Gunung Raya.

Pemandangan pada pantai ini berupa panorama danau yang seakan-akan dkelilingi oleh pegunungan dengan Gunung Raya yang merupakan puncak tertinggi kedua di Kabupaten Kerinci. Panorama danau ini dapat dinikmati sambil melepas lelah setelah olah raga volley pantai atau sekedar berjemur dibawah matahari topis. Namun sayang, keberadaan pantai ini tidak terawat dengan baik, perahu nelayan dan sampah sudah menjadi bagian dari pantai ini.

Kondisi Pantai Indah saat ini.

Pantai Indah terletak di Desa Koto Petai Kecamatan Danau Kerinci dan dapat dicapai setelah menempuh perjalanan sejauh 18 km dari Sungai Penuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: